Ikan Tenggiri Hidup Di Mana? Ini Jawabannya

Ikan Tenggiri Hidup Di Mana? Ini Jawabannya

Ikan Tenggiri Hidup Di Mana? Ini Jawabannya

Ikan tenggiri merupakan ikan laut yang termasuk dalam famili Scombridae. Ikan ini memiliki tubuh yang ramping dan memanjang, serta sirip punggung yang tinggi. Ikan tengiri memiliki daging yang berwarna putih dan tebal, serta memiliki rasa yang gurih.

Ikan tengiri merupakan ikan yang populer dikonsumsi di Indonesia. Ikan ini dapat diolah menjadi berbagai macam masakan, seperti ikan bakar, ikan goreng, dan ikan asam manis.

Habitat Ikan Tenggiri

Ikan tengiri hidup di laut, terutama di perairan tropis dan subtropis. Ikan ini dapat ditemukan di perairan dengan kedalaman 0-200 meter.

Ikan tengiri merupakan ikan pelagis, yaitu ikan yang hidup di dekat permukaan air. Ikan ini sering ditemukan berkelompok di perairan yang dangkal, seperti muara sungai dan perairan tepi pantai.

Persebaran Ikan Tenggiri

Ikan tengiri tersebar luas di perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Ikan ini dapat ditemukan di perairan Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Australia, Amerika Serikat, dan Afrika.

Di Indonesia, ikan tengiri banyak ditemukan di perairan di sekitar Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi. Ikan ini juga banyak ditemukan di perairan Maluku dan Papua.

Kebiasaan Ikan Tenggiri

Ikan tengiri merupakan ikan predator yang memakan ikan-ikan kecil lainnya, seperti teri, cumi-cumi, dan udang. Ikan ini juga memakan plankton dan krustasea.

Ikan tengiri merupakan ikan yang aktif pada siang hari. Ikan ini sering terlihat berkelompok di perairan dangkal untuk mencari makan.

Reproduksi Ikan Tenggiri

Ikan tengiri merupakan ikan ovovivipar, yaitu ikan yang bertelur dan menetas di dalam tubuh induknya. Ikan ini dapat bertelur hingga 1 juta butir telur dalam satu kali bertelur.

Telur ikan tengiri akan menetas di dalam tubuh induknya dalam waktu sekitar 20 hari. Setelah menetas, anak ikan tengiri akan keluar dari tubuh induknya dan langsung dapat berenang sendiri.

Kesimpulan

Ikan tengiri merupakan ikan laut yang hidup di perairan tropis dan subtropis. Ikan ini dapat ditemukan di perairan Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Vietnam, Australia, Amerika Serikat, dan Afrika.

Ikan tengiri merupakan ikan predator yang memakan ikan-ikan kecil lainnya. Ikan ini merupakan ikan yang aktif pada siang hari dan dapat bertelur hingga 1 juta butir dalam satu kali bertelur.

Leave a Comment