5 Jenis Ikan Kakap Batu Yang Populer

5 Jenis Ikan Kakap Batu Yang Populer

5 Jenis Ikan Kakap Batu Yang Populer

Ikan kakap batu merupakan salah satu jenis ikan laut yang populer di Indonesia. Ikan ini dikenal dengan dagingnya yang lezat dan teksturnya yang kenyal. Selain itu, ikan kakap batu juga memiliki kandungan gizi yang tinggi, sehingga baik untuk kesehatan.

Ada banyak jenis ikan kakap batu yang ditemukan di perairan Indonesia. Berikut adalah 5 jenis ikan kakap batu yang paling populer:

1. Ikan Kakap Batu Merah

Ikan kakap batu merah memiliki tubuh berwarna merah terang dengan bintik-bintik putih. Ikan ini biasanya ditemukan di daerah terumbu karang dan perairan dangkal. Ikan kakap batu merah memiliki ukuran yang cukup besar, dengan panjang tubuh bisa mencapai 1 meter dan berat badan mencapai 10 kilogram.

2. Ikan Kakap Batu Putih

Ikan kakap batu putih memiliki tubuh berwarna putih keabu-abuan dengan bintik-bintik hitam. Ikan ini biasanya ditemukan di daerah perairan dalam dan berbatu-batu. Ikan kakap batu putih memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan ikan kakap batu merah, dengan panjang tubuh bisa mencapai 50 sentimeter dan berat badan mencapai 5 kilogram.

3. Ikan Kakap Batu Kuning

Ikan kakap batu kuning memiliki tubuh berwarna kuning keemasan dengan bintik-bintik merah. Ikan ini biasanya ditemukan di daerah perairan dangkal dan berpasir. Ikan kakap batu kuning memiliki ukuran yang sedang, dengan panjang tubuh bisa mencapai 75 sentimeter dan berat badan mencapai 7 kilogram.

4. Ikan Kakap Batu Hijau

Ikan kakap batu hijau memiliki tubuh berwarna hijau zaitun dengan bintik-bintik hitam. Ikan ini biasanya ditemukan di daerah perairan dangkal dan berlumpur. Ikan kakap batu hijau memiliki ukuran yang kecil, dengan panjang tubuh bisa mencapai 30 sentimeter dan berat badan mencapai 2 kilogram.

5. Ikan Kakap Batu Hitam

Ikan kakap batu hitam memiliki tubuh berwarna hitam pekat dengan bintik-bintik putih. Ikan ini biasanya ditemukan di daerah perairan dalam dan berbatu-batu. Ikan kakap batu hitam memiliki ukuran yang besar, dengan panjang tubuh bisa mencapai 1,5 meter dan berat badan mencapai 20 kilogram.

Manfaat Mengonsumsi Ikan Kakap Batu

Ikan kakap batu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, antara lain:

  • Mencegah penyakit jantung
  • Menurunkan tekanan darah
  • Memelihara kesehatan tulang
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Menjaga kesehatan mata

Cara Memasak Ikan Kakap Batu

Ikan kakap batu dapat dimasak dengan berbagai cara, antara lain:

  • Digoreng
  • Dibakar
  • Dibuat sup
  • Dibuat pindang
  • Dibuat rujak

Tempat Membeli Ikan Kakap Batu

Anda dapat membeli ikan kakap batu di pasar tradisional, supermarket, atau toko ikan online.

Harga Ikan Kakap Batu

Harga ikan kakap batu bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan tempat pembelian. Secara umum, harga ikan kakap batu berada di kisaran Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per kilogram.

Leave a Comment