10 Jenis Ikan Langka Di Indonesia Yang Perlu Dilindungi

10 Jenis Ikan Langka Di Indonesia Yang Perlu Dilindungi

10 Jenis Ikan Langka di Indonesia yang Perlu Dilindungi

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa, termasuk kekayaan laut. Laut Indonesia memiliki beragam jenis ikan, baik yang berukuran besar maupun kecil. Namun, sayangnya, tidak semua jenis ikan di Indonesia dapat ditemukan dengan mudah. Ada beberapa jenis ikan yang sudah mulai langka dan bahkan terancam punah.

Berikut ini adalah 10 jenis ikan langka di Indonesia yang perlu dilindungi:

1. Arwana Super Red

Arwana super red merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling populer di dunia. Ikan ini memiliki warna merah yang sangat cerah dan indah. Arwana super red berasal dari perairan Kalimantan Barat. Ikan ini sudah mulai langka karena penangkapan yang berlebihan dan kerusakan habitatnya.

2. Pari Manta

Pari manta merupakan salah satu jenis ikan pari terbesar di dunia. Ikan ini memiliki lebar sayap yang bisa mencapai 7 meter. Pari manta dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis, termasuk perairan Indonesia. Ikan ini sudah mulai langka karena penangkapan yang berlebihan dan perusakan habitatnya.

3. Penyu Belimbing

Penyu belimbing merupakan salah satu jenis penyu terbesar di dunia. Ikan ini memiliki panjang yang bisa mencapai 2 meter dan berat yang bisa mencapai 600 kilogram. Penyu belimbing dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis, termasuk perairan Indonesia. Ikan ini sudah mulai langka karena perburuan yang berlebihan untuk diambil telurnya dan perburuan untuk diambil kulitnya.

4. Hiu Martil

Hiu martil merupakan salah satu jenis hiu yang paling unik di dunia. Ikan ini memiliki kepala yang berbentuk martil. Hiu martil dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis, termasuk perairan Indonesia. Ikan ini sudah mulai langka karena perburuan yang berlebihan untuk diambil siripnya.

5. Kerapu Cantang

Kerapu cantang merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang paling mahal di dunia. Ikan ini memiliki daging yang sangat lezat dan gurih. Kerapu cantang dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis, termasuk perairan Indonesia. Ikan ini sudah mulai langka karena penangkapan yang berlebihan untuk memenuhi permintaan pasar.

6. Barakuda

Barakuda merupakan salah satu jenis ikan predator yang paling berbahaya di dunia. Ikan ini memiliki gigi yang sangat tajam dan bisa mencapai 30 cm. Barakuda dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis, termasuk perairan Indonesia. Ikan ini sudah mulai langka karena penangkapan yang berlebihan untuk diambil dagingnya.

7. Ikan Pari Ekor Panjang

Ikan pari ekor panjang merupakan salah satu jenis ikan pari yang paling populer di dunia. Ikan ini memiliki ekor yang panjang dan berwarna-warni. Ikan pari ekor panjang dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis, termasuk perairan Indonesia. Ikan ini sudah mulai langka karena penangkapan yang berlebihan dan kerusakan habitatnya.

8. Ikan Hiu Paus

Ikan hiu paus merupakan salah satu jenis ikan terbesar di dunia. Ikan ini memiliki panjang yang bisa mencapai 18 meter. Ikan hiu paus dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis, termasuk perairan Indonesia. Ikan ini sudah mulai langka karena penangkapan yang berlebihan untuk diambil siripnya.

9. Ikan Pari Manta Raksasa

Ikan pari manta raksasa merupakan salah satu jenis ikan pari terbesar di dunia. Ikan ini memiliki lebar sayap yang bisa mencapai 9 meter. Ikan pari manta raksasa dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis, termasuk perairan Indonesia. Ikan ini sudah mulai langka karena penangkapan yang berlebihan dan kerusakan habitatnya.

10. Ikan Kerapu Macan

Kerapu macan merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang paling populer di dunia. Ikan ini memiliki daging yang sangat lezat dan gurih. Kerapu macan dapat ditemukan di perairan tropis dan subtropis, termasuk perairan Indonesia. Ikan ini sudah mulai langka karena penangkapan yang berlebihan untuk memenuhi permintaan pasar.

Kesimpulan

10 jenis ikan langka di Indonesia yang disebutkan di atas merupakan sebagian kecil dari kekayaan alam Indonesia yang perlu dilindungi. Ikan-ikan ini sudah mulai langka karena berbagai faktor, seperti penangkapan yang berlebihan, kerusakan habitat, dan perubahan iklim.

Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk melindungi 10 jenis ikan langka di Indonesia ini. Upaya-upaya tersebut dapat berupa:

  • Penerapan peraturan yang tegas untuk melindungi 10 jenis ikan langka ini.
  • Sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya melindungi 10 jenis ikan langka ini.
  • Melakukan upaya konservasi untuk menjaga kelestarian habitat 10 jenis

Leave a Comment